Jumat 05 May 2023 20:17 WIB

Unissula Berhasil Pertahankan Predikat Akreditasi Unggul BAN PT

Akreditasi unggul berpengaruh terhadap capaian perolehan mahasiswa baru.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Rektor Unissula, Prof Gunarto.
Foto: istimewa
Rektor Unissula, Prof Gunarto.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ikhtiar dan kerja keras seluruh manajemen Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang dalam mempertahankan predikat sebagai universitas terakreditasi unggul patut disyukuri.

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di bawah Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) ini berhasil memperpanjang statusnya sebagai universitas terakreditasi unggul Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Alhamdulillah status Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Unggul Unissula telah diperpanjang oleh BAN PT hingga 2029 mendatang,” ungkap Rektor Unissula, Prof Gunarto dalam keterangan pers di kampus Unissula (5/5/2023).

Rektor menambahkan, berdasarkan regulasi yang dipakai dalam akreditasi perguruan tinggi saat ini, menggunakan predikat Unggul sebagai akreditasi terbaik. Untuk level di bawahnya menggunakan predikat Baik Sekali dan level paling bawah adalah Baik.

 

Sehingga untuk memperoleh predikat akreditasi Unggul tersebut bukan hal yang mudah, karena sebuah perguruan tinggi harus memenuhi sejumlah persyaratan yang memang mutlak harus terpenuhi.

Persyaratan yang dimaksud antara lain meliputi jumlah mahasiswa baru dalam kurun waktu lima tahun terakhir, ketercukupan jumlah dosen tetap, batas maksimum dosen tidak tetap, rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosen tetap.

Selain itu juga jumlah lulusan, akreditasi program studi (prodi), kualifikasi akademik dosen tetap yang memiliki NIDN atau NIDK dan mempunyai gelar doktor/doktor terapan/spesialis, dosen tetap yang memiliki NIDN atau NIDK yang mempunyai jabatan akademik guru besar, lektor kepala, dan lektor.

“Termasuk juga persyaratan yang terkait dengan presentase mahasiswa yang lulus tepat waktu dalam menempuh studinya serta presentase keberhasilan studi oleh mahasiswa,” jelas dia.

Lebih lanjut rektor juga menyampaikan, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh jika APT sebuah perguruan tinggi mampu memperoleh status/berpredikat unggul.

Karena menjadikan para lulusannya bakal semakin mudah diterima di pasar kerja, selain bisa memberikan (menganugerahkan) gelar doktor kehormatan maupun gelar profesor kehormatan.

Bahkan, akreditasi unggul juga bakal berpengaruh terhadap capaian perolehan mahasiswa baru (maba). Hal ini ditandai dengan capaian mahasiswa baru Unissula yang terus menunjukkan kenaikan secara kuantitas.

“Secara statistik sangat berpengaruh dan ada perbedaan yang cukup signifikan dalam hal capaian mahasiswa baru, jika dibandingkan dengan sebelum terakreditasi unggul BAN PT,” ujarnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement