Senin 07 Aug 2023 15:39 WIB

Banyak Sampah di Ring Road, Polres Bantul dan TNI Lakukan Aksi 'Gropyok' Sampah

Masyarakat diimbau tidak membuang sampah sembarangan di jalan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Aksi Gropyok Sampah di Kapanewon Banguntapan, Senin (7/8/23).
Foto: Dok. Polres Bantul
Aksi Gropyok Sampah di Kapanewon Banguntapan, Senin (7/8/23).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Sejak TPS Piyungan ditutup, banyak ditemukan sampah berserakan di berbagai lokasi seperti Ring Road Selatan Yogyakarta. Untuk itu, Polres Bantul bersama Kodim 0729/Bantul dan Pemerintah Kapanewon Banguntapan, melakukan aksi gropyok sampah.

Sasaran gropyok sampah meliputi wilayah jalan Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, DIY.

“Pagi ini kami bersinergi bersama rekan-rekan dari TNI maupun jajaran Pemerintah Kapanewon Banguntapan, Dinas Lingkungan Hidup, relawan, dan linmas, membersihkan sampah di area seputaran Kalurahan Tamanan karena akhir-akhir ini menjadi lokasi pembuangan sampah sembarangan,” kata Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakota, di sela kegiatan gropyok sampah,  Senin (7/8/2023).

Kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembuangan sampah di jalan. “Kami mengimbau warga untuk lebih tertib dalam membuang sampah, bersama-sama kita menjaga lingkungan,” ajaknya.

Terlebih, Pemkab Bantul telah memasang spanduk berisi imbauan maupun larangan membuang sampah sembarangan. Namun, masih banyak warga yang tidak tertib dalam membuang sampah.

“Mari kita tertib, disiplin dalam memilah maupun membuang sampah yang bertanggung jawab,” ujar dia.

Sementara itu, Panewu Banguntapan, I Nyoman Gunarsa, atas nama Pemerintah Kapanewon Banguntapan mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Tentu kegiatan ini menambah semangat bagi kita di wilayah, karena ada dukungan langsung dari Bapak Kapolres Bantul beserta jajarannya,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement