Sabtu 09 Sep 2023 09:15 WIB

Prodi Psikologi UII Kembali Raih Juara Umum KIMPSI Universitas Islam IV 2023

Ia berharap prestasi ini menambah motivasi para mahasiswa dan dosen untuk bersinergi.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Perwakilan Mahasiswa Prodi Psikologi UII Menerima Piala di Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi (KIMPSI) Universitas Islam IV-2023, di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.
Foto: Dok Humas UII Yogyakarta
Perwakilan Mahasiswa Prodi Psikologi UII Menerima Piala di Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi (KIMPSI) Universitas Islam IV-2023, di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Program Studi (Prodi) Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali meraih Juara Umum dalam Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi (KIMPSI) Universitas Islam IV-2023. UII berhasil menorehkan prestasinya sebagai Juara Umum setelah menyabet 15 piala dengan satu piala sebagai juara umum, delapan piala sebagai juara emas, lima perak, dan satu perunggu.

"Saya mengucapkan bersyukur dan selamat kepada delegasi Prodi Psikologi  FPSB atas prestasi yang diraih dalam KIMPSI," kata Dekan FPSB UII Qurotul Uyun, dalam keterangannya, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga

Qurotul juga mengucapkan terima kasih kepada para dosen pembimbing yang sudah bekerja keras mengarahkan para mahasiswa dalam mempersiapkan acara KIMPSI ini. Ia berharap agar prestasi ini menambahkan motivasi kepada para mahasiswa dan dosen untuk bersinergi dalam berkarya secara inovatif.

Hal senada juga disampaikan Ketua Prodi Psikologi Program Sarjana, Hazhira Qudsyi. Hazhira mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada para mahasiswa, segenap tim dosen pembimbing, beserta seluruh Tim Pendamping KIMPSI atas kerja keras dan cerdasnya sehingga UII memperoleh juara umum dalam kompetisi mahasiswa antar universitas Islam tersebut. Ia berharap capaian ini dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa agar dapat semakin melejitkan potensi dan prestasi di masa mendatang.

"Prodi Psikologi UII berkomitmen untuk memfasilitasi pengembangan dan pembinaan bakat minat mahasiswa, dalam berbagai bentuk aktivitas. Upaya ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memaksimalkan potensi untuk mencapai prestasi dalam bidang akademik maupun bidang non-akademik," ucapnya.

Tim Pendamping KIMPSI UII 2023, Nita mengatakan bahwa persaingan antar mahasiswa di intra maupun inter universitas pada tahun ini semakin meningkat. Hal tersebut terlihat pada jumlah pendaftar yang terus meningkat dari tahun ke tahun, baik di internal maupun di tingkat pusat. 

"Harapannya, dengan menyiapkan sistem yang baik dalam mempersiapkan mahasiswa, pembimbingan yang optimal, serta seleksi yang ketat kita dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi kita di tahun-tahun berikutnya," ungkapnya.

Kompetisi mahasiswa tingkat nasional ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Inter-Islamic University Conference on Psychology Forum (IIUCP Forum). Forum yang telah berdiri 10 tahun yang lalu ini diketuai oleh Fuad Nashori. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang bertindak sebagai tuan rumah penyelenggaraan KIMPSI Universitas Islam IV-2023 pada 25 Agustus 2023 lalu.

Mahasiswa Prodi Psikologi UII menjuarai 10 kategori lomba dari 13 kategori lomba yang ada, yaitu: Juara 1 Psy Paper Kuantitatif (Nabila Sekar Widianti, Ahmad Aditya Wibowo, Nadya Sabina Putri Amalia, Annisa Fitri Alfianita, Nisva Nauvala); Juara 2 Psy Paper Kualitatif (Yessy Maynani Nurrochma, Ashilla Astari Sukma, Ardelia Putri Hanifah); Juara 2 Psy Proposal Kategori Metode (Nabilla Dian Alvanda, Muthia Mawada AR); Juara 2 Psy-Infographic Kategori Konten (Addin Annasihah); Juara 1 Penampilan Psy Preach (Asep Rizki Suhada Muharom);  Juara 2 Penampilan Psy Preach (Nydia Ayuning Tyas); Juara 1 Konten Psy Movie (Wahyu Sutana, Aulia Ghazisa Indraputra, Shaffana Shafwa Ramadhany).

Selanjutnya prestasi yang berhasil diraih yakni Juara 1 Teknik Psy-Vlog (Muhammad Faj'ri Ristiyanto Subhan, Asep Rizki Suhada Muharom); Juara 1 Konten Psy-Vlog (Neysa Mahira Hanifa, Berlian Archita Dewi, Ashfa Suqya Zamzama, Dina Nensi Fitriani); Juara 1 Ide dan Keunikan Psy-Photography (Salwaa Raisa Adya Susanto, Rayda Nurhafizha Meifathia); Juara 1 Komposisi dan Kesesuaian Tema Psy-Photography (Aprillia Kartiningtyas, Dayu Rahmanitya Nismaradewi, Tarisa Febrilian Mutiara Fiorenza, Dinda Amalia Safitri, Dyah Salma Zharifah); Juara 3 Tajwid dan Fashohah Psy-Qiraah (Fatma Nazhiirotunnaja), Juara 2 Psy-Poem (Rahmad Prasetyo Dwi Putra); Juara 1 Psy-Quiz (Nasir Syarfan Ali, Hanif Ibrahim, Athifa Ratna Kasyifa).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement