Selasa 07 Nov 2023 07:55 WIB

Berakhir Setelah 10 Tahun, Begini Reaksi Penggemar Anime Attack on Titan

Episode terakhir ditayangkan dengan durasi 85 menit.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Attack on Titan (AoT) The Final Season.
Foto: Tangkapan layar
Attack on Titan (AoT) The Final Season.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Anime Attack on Titan (AoT) berakhir dengan ditayangkannya The Final Season Part 3 bagian kedua pada 4 November 2023 di Jepang. Dirilisnya episode terakhir tersebut juga diiringi dengan penayangan secara global.

Serial yang diadaptasi dari manga karya Hajime Isayama ini berakhir setelah 10 tahun sejak pertama kali muncul di layar kaca pada 2013 lalu. Episode terakhir ditayangkan dengan durasi 85 menit.

Berbagai reaksi dari penggemar pun muncul seiring dengan berakhirnya serial ini. Tidak sedikit penggemar yang tidak percaya dengan berakhirnya serial yang digarap oleh studio MAPPA ini, hingga banyak komentar terkait serial ini di lini masa X (Twitter).

"Hey, apakah anda ingat apa yang terjadi pada 4 November 2023," kata salah satu pengguna X @iWhiteMC seperti dikutip Republika, Senin (6/11/2023).

 

Selain itu, juga banyak penggemar yang mengapresiasi akhir dari serial ini. Meski sebelumnya ditayangkannya episode terakhir ini, banyak penggemar yang bertanya-tanya apakah akhir serial tersebut akan sama dengan versi manga yang sempat menimbulkan kontroversi karena akhir ceritanya yang tidak sesuai dengan yang diharapkan banyak penggemar.

"Tidak akan ada cerita yang seperti Attack on Titan," kata pengguna X lainnya, @shabb003.

Episode terakhir Attack on Titan ini menampilkan beberapa chapter terakhir dalam manga karya Hajime Isayama. Dalam episode terakhir tersebut, juga mengungkap rahasia dan perubahan besar yang terjadi selama berjalannya serial tersebut.

Episode tersebut juga mengungkap alasan atau motivasi dari tokoh utama yakni Eren Yeager melakukan pembunuhan massal terhadap umat manusia. Termasuk mengungkap bagaimana nasib umat manusia, hingga memberikan gambaran tentang masa depan setelah semuanya berakhir.

Bagi penggemar yang belum mengikuti serial ini, dapat menyaksikannya di berbagai platform online streaming. Salah satunya di Crunchyroll yang sudah menayangkan seluruh episode dari Attack on Titan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement