Senin 30 Oct 2023 11:02 WIB

Karhutla Gunung Merbabu, Lahan Terbakar di Kabupaten Semarang Capai 100 Hektare

Upaya melokalisasi api dilakukan dengan membuat saluran irigasi.

Api membakar lahan Gunung Merbabu terlihat dari Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan
Api membakar lahan Gunung Merbabu terlihat dari Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Petugas gabungan masih berupaya memadamkan kebakaran hutan kawasan Gunung Merbabu di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, yang tersebar di lima dusun.

"Titik api masih tersebar di lima dusun di Kecamatan Getasan," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Sarake Bayu Setianto.

Titik-titik api tersebut antara lain tersebar di Dusun Batur Wetan, Pulihan, Macanan, Thekelan, serta Sokowolu. Menurut dia, untuk wilayah Kabupaten Semarang luasan area yang terbakar sekitar 100 hektare (ha).

Bupati Semarang Ngesti Nugroho dan Kapolres AKBP Achmad Oka Mahendra turun langsung memantau upaya pemadaman. Petugas gabungan Polri, TNI, pemadam kebakaran, BPBD, serta relawan lantas berupaya melokalisasi api agar tidak meluas.

Ia menjelaskan upaya melokalisasi api dilakukan dengan membuat saluran irigasi. Petugas juga sudah mengevakuasi warga Desa Tajuk dan Batur yang terdampak kebakaran.

Hingga hari ini, lanjut dia, tercatat 88 jiwa dievakuasi ke tempat pengungsian di Balai Desa Batur. Kebakaran kawasan hutan Gunung Merbabu dilaporkan pertama kali terjadi pada Jumat (27/10/2023) di Desa Sokowolu, Kabupaten Semarang.

Kebakaran dilaporkan meluas hingga kawasan puncak. Yakni meliputi Kabupaten Semarang, Boyolali, dan Magelang

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement