Jumat 08 Dec 2023 17:49 WIB

Kunjungan Wisatawan Libur Nataru di Sleman Diprediksi Capai Lebih dari 300 Ribu 

Beberapa objek wisata masih menjadi favorit wisatawan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Pengunjung berwisata di Candi Prambanan, Sleman, DIY (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pengunjung berwisata di Candi Prambanan, Sleman, DIY (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengaku optimistis kunjungan wisatawan mencapai lebih dari 300.000 orang jelang libur natal dan tahun baru (Nataru) 2024. Hal tersebut merupakan target untuk semua kunjungan ke beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman.

"Saya optimistis libur Natal dan tahun baru ini, kunjungan (wisatawan) di semua wisata se-Sleman ramai lebih dari 300 ribu orang," kata Kustini dalam keterangannya, Jum'at (8/12/2023).

Baca Juga

Kustini mengatakan meskipun tidak ada event khusus, destinasi wisata di Sleman masih menarik minat khususnya wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa objek wisata seperti Candi Prambanan, Keraton Ratu Boko, Tebing Breksi dan Kaliurang masih menjadi destinasi favorit wisatawan.

"Kita memang tidak ada event khusus, tapi beberapa event reguler biasa di akhir pekan tetap ada di sekitar kawasan lereng Gunung Merapi," ucap Kustini.

Dinas Pariwisata Sleman mencatat hingga November 2023 jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Sleman tercatat sebanyak 6.557.650 kunjungan. Jumlah tersebut setara dengan 93,68 persen dari target kunjungan 7 juta wisatawan sepanjang tahun ini. Kunjungan didominasi wisatawan dalam negeri 6.371.919 kunjungan atau setara dengan 97,47 persen.

Kunjungan terbanyak berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Banten dengan total mencapai 90,56 persen dari total kunjungan.

"Kita berharap capaian (kunjungan wisatawan) tahun ini sama dengan tahun kemarin di angka 7 juta atau bahkan bisa lebih," ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement