Kamis 01 Feb 2024 16:35 WIB

Bencana Satu Hari di Sleman: Sejumlah Pohon Tumbang, Banjir, dan Longsor

Kejadian bencana di Kabupaten Sleman dipicu hujan disertai angin kencang.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Irfan Fitrat
Banjir terjadi imbas hujan yang disertai angin kencang di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (31/1/2024).
Foto: Dok BPBD Sleman
Banjir terjadi imbas hujan yang disertai angin kencang di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (31/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melaporkan sejumlah kejadian bencana yang dipicu hujan disertai angin kencang pada Rabu (31/1/2024). Selain kejadian pohon tumbang, dilaporkan terjadi banjir dan longsor.

“Hujan ringan-sedang yang disertai angin kencang di Kabupaten Sleman mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan banjir,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman, Makwan, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga

Makwan mengatakan, angin kencang yang melanda wilayah Kapanewon Pakem menyebabkan pohon tumbang, yang mengakibatkan akses jalan Pulowatu-Turi sempat terganggu. Pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di wilayah Kapanewon Depok, antara lain di kawasan Ring Road Utara, Kentungan, Condongcatur, Jalan Kasuari, Demangan Baru, dan di sekitar kafe Antologi, Tawangsari, Caturtunggal.

Di Kapanewon Minggir dan Kapanewon Prambanan, dilaporkan pohon tumbang menimpa rumah warga. Sementara di Kapanewon Cangkringan pohon tumbang menimpa teras rumah warga, serta jaringan internet atau telepon. Menurut Makwan, dilakukan upaya penanganan terhadap sejumlah pohon yang tumbang itu.

Selain pohon tumbang, hari itu juga dilaporkan terjadi banjir di sejumlah titik. Di antaranya di area PAUD/KB Putera Sembada Kompleks Pemkab Sleman, Beran, Tridadi. Sejumlah rumah warga di wilayah Kapanewon Depok juga terdampak banjir akibat meluapnya air Sungai Gajah Wong.

Banjir juga menggenangi sembilan rumah di wilayah Kapanewon Moyudan, yang diakibatkan luapan selokan kampung, dengan ketinggian genangan kurang lebih 70 sentimeter. Sementara sepuluh rumah di wilayah Kapanewon Prambanan tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 50 sentimeter akibat meluapnya Kali Gawe.

BPBD Kabupaten Sleman pun mencatat kejadian longsor. Bencana longsor dilaporkan terjadi di wilayah Kapanewon Depok, yaitu di kawasan Perum Godean Jogja Hills, Jalan Griya Taman Asri, Saragan, Pandowoharjo, dan Jalan Sunan Gresik, Sinduharjo.

Adapun di Kapanewon Prambanan terjadi longsor di wilayah Nglengkong RT 05 Sambirejo, Watugudeg RT 02/RW 12 Gayamharjo, dan di Jali, Gayamharjo. BPBD Kabupaten Sleman melakukan asesmen dampak kejadian bencana, serta berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk melakukan penanganan. Bantuan darurat juga didistribusikan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement