Rabu 21 Feb 2024 23:16 WIB

Underpass Pasar Induk Among Tani-Terminal Batu Disiapkan, Ini Rencananya

Pembangunan underpass tersebut diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp 12 miliar.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pasar Induk Among Tani, Kota Batu.
Foto: Dok Muchlis Jr/ Biro Pers Sekret
(ILUSTRASI) Pasar Induk Among Tani, Kota Batu.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU — Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Jawa Timur, menyiapkan pembangunan underpass di ruas Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. Jalan bawah tanah itu akan menghubungkan Pasar Induk Among Tani dan Terminal Kota Batu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu Alfi Nurhidayat mengatakan, penyusunan detail engineering design (DED) jalan bawah tanah itu sudah rampung. “Saat ini kami masih menunggu arahan pimpinan untuk pelaksanaannya,” kata dia, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga

Alfi menjelaskan, underpass yang akan dibangun panjangnya sekitar 25 meter, dengan lebar enam meter. Menurut dia, untuk jalan bawah tanah itu akan menggunakan box culvert. “Kita butuh sekitar Rp 12 miliar untuk pembuatan underpass,” ujarnya.

Menurut Alfi, underpass tersebut nantinya akan dilengkapi galeri seni, sehingga dapat memberikan pengalaman lain bagi masyarakat ataupun wisatawan yang melintas. Ia mengatakan, jalan bawah tanah itu juga akan didesain ramah difabel dan memanfaatkan energi terbarukan. “Kami desain ramah untuk saudara-saudara difabel. Selain itu juga dilengkapi panel surya,” ujar dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement