Kamis 20 Jul 2023 01:12 WIB

Unik, Cara Polda DIY Edukasi Keselamatan Lalin: Hadirkan Ultraman Diperban

Kecelakaan dapat dialami oleh siapa saja.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
 Polda DIY menghadirkan Ultraman pada Operasi Patuh Progo-2023 di Tugu Yogyakarta.
Foto: Dokumen
Polda DIY menghadirkan Ultraman pada Operasi Patuh Progo-2023 di Tugu Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Operasi Patuh Progo-2023 memasuki hari ke-8 pada Selasa (18/7/2023). Dalam rangka mengedukasi para pengendara, Satgas Preventif Operasi Patuh Progo-2023 Polda DIY menampilkan sosok Ultraman di kawasan Tugu Yogyakarta.

Sosok Ultraman tersebut beraksi di depan para pengendara dengan menggunakan kursi roda dan tangan dibalut perban akibat dari kecelakaan lalu lintas. Wadirlantas Polda DIY, AKBP Hendra Gunawan menyampaikan, simbol Ultraman menggunakan perban tersebut menunjukkan bahwa kecelakaan dapat dialami oleh siapa saja.

"Tidak ada manusia yang mempunyai kekuatan seperti superhero atau Gatotkaca yang katanya otot kawat tulang besi. Jadi manusia itu tulangnya rentan atau vulnerable sehingga jika terjadi benturan akan terluka ataupun rusak," kata Hendra.

Pihak kepolisian juga memberikan teguran kepada pengendara yang masih melakukan pelanggaran kasat mata terkait penggunaan helm yang belum benar, serta memberikan bingkisan kepada pengendara tersebut. Anak-anak yang melintas melalui kawasan Tugu juga terhibur dengan adanya sosok Ultraman tersebut.

Hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh Satgas Preventif untuk sekaligus memberikan edukasi tertib berlalu lintas yang baik kepada anak-anak SD tersebut. Ia berharap kepada masyarakat baik para pengendara maupun pengemudi untuk berhati-hati ketika berkendara dan senantiasa mematuhi aturan berlalu lintas.

"Sehingga anggota tubuh manusia yang vulnerable ini dapat terjaga dan tidak terjadi kecelakaan yang fatal. Mari sama-sama menjaga keselamatan, keselamatan nomor satu dan tidak ada manusia yang menjadi superhero," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement