Sabtu 09 Sep 2023 16:35 WIB

Operasi Zebra Progo Tertibkan Pengendara yang tak Gunakan Helm

Masih banyak pengendara yang belum sadar terkait safety riding.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Pengendara tidak mengenakan helm (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengendara tidak mengenakan helm (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Polda DIY dalam Satgas Operasi Zebra Progo 2023 kembali melakukan pengaturan lalu lintas di Simpang empat Demak Ijo, pada Sabtu (9/9/2023). Sejumlah pengendara motor masih kedapatan tidak memakai helm dengan berbagai alasan.

Para petugas Satgas Preventif Operasi Zebra Progo 2023 langsung memberikan imbauan dan teguran kepada pengendara.

Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Nugroho Arianto, mengatakan bahwa alasan pengendara tidak memakai helm dikarenakan jarak tempuh yang dekat.

"Menurut laporan para petugas, pada pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2023 ini masih banyak yang belum sadar terkait safety riding seperti tidak memakai helm. Alasannya banyak, tapi yang sering kami temui adalah jarak tempuh yang dekat", kata Kabidhumas dalam keterangannya, Sabtu (9/9/2023).

Kabidhumas mengimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas dan selalu memakai alat pengaman seperti helm pada saat berkendara. Nugroho menegaskan bahwa pihaknya tidak bosan untuk mengimbau kepada masyarakat untuk tertib saat berkendara dan memakai alat yang safety, seperti helm, sepatu, jaket dan sarung tangan. 

"Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang fatal karena dapat terjadi kapan saja dan dimana saja tidak peduli mau jauh ataupun dekat", ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement