Ahad 29 Oct 2023 00:19 WIB

Episode Baru Jujutsu Kaisen S2 Dikritik, Sutradara Singgung Kondisi Kerja di MAPPA

Penjadwalan yang buruk juga mengakibatkan turunnya kualitas visual.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Poster Anime Jujutsu Kaisen Season 2.
Foto: Tangkapan layar
Poster Anime Jujutsu Kaisen Season 2.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sutradara dari episode terbaru Jujutsu Kaisen Season 2, Hakuto Sadamoto, mengungkapkan kondisi kerja yang keras di Studio MAPPA. Hal ini disampaikan Sadamoto setelah banyak penggemar yang mengkritik episode terbaru Jujutsu Kaisen Season 2 yakni episode 14 yang tayang pada 26 Oktober 2023.

Sadamoto merupakan sutradara yang bertanggung jawab terhadap episode 14 dalam anime Jujutsu Kaisen Season 2. Dalam pernyataannya, Sadamoto menyebut bahwa kondisi kerja yang keras berpengaruh dalam produksi The Incident Shibuya Arc.

Episode 14 mendapat kritik dari penggemar karena dinilai tidak memenuhi standar seperti yang sudah ditayangkan di episode-episode sebelumnya. Terlebih, ditampilkannya pertarungan Yuji Itadori vs Choso di episode 13 mendapatkan apresiasi yang baik dari penggemar maupun kreator Jujutsu Kaisen, Gege Akutami.

"Saya minta maaf kepada mereka (penggemar) yang mengatakan 'ini bukan karena gambarnya, tapi karena storyboard yang buruk'. Saya benar-benar minta maaf," kata Sadamoto dalam akun X resminya seperti yang dilansir dari ComicBook, Sabtu (28/10/2023).

Sadamoto menuturkan tidak hanya kondisi kerja yang keras, namun penjadwalan yang buruk juga mengakibatkan turunnya kualitas visual yang dihadirkan.

Ia mengaku melakukan pemotongan pada storyboard karena keterbatasan waktu. Sadamoto melakukan 250 pemotongan dalam waktu dua pekan.

Padahal, menurut Sadamoto seharusnya dibutuhkan waktu satu bulan penuh untuk membuat pra-visualisasi secara menyeluruh, sebelum menyerahkannya kepada sutradara animasi.

"Bahkan sebelum saya menerima kontrak (kerja dengan MAPPA), saya sudah berkali-kali mengatakan bahwa saya tidak memiliki waktu. Jadi saya pikir, 'mari menghemat energi...' dan ini adalah tanggung jawab saya," ungkap dia.

"Saya tidak peduli apa yang akan terjadi di bagian selanjutnya. Saya seharusnya memerlukan waktu satu bulan penuh untuk membuat pra-visualisasi dan kemudian menyerahkannya kepada sutradara animasi," katanya.

Sebelumnya diberitakan bahwa dalam episode 13 Jujutsu Kaisen Season 2 ditampilkan pertarungan dari protagonis utama yakni Yuji Itadori melawan Choso. Crew yang terlibat dalam produksi ini mendapat apresiasi dengan menampilkan visual yang epic dengan menghadirkan pertarungan tersebut.

Di episode 13 diperlihatkan bagaimana Choso menggunakan kemampuan manipulasi darah miliknya dalam melawan Yuji. Bahkan, kreator Jujutsu Kaisen yakni Gege Akutami mengaku kagum dengan visual pertarungan Yuji vs Choso.

Apresiasi ini disampaikan Akutami dalam pesan spesial yang tulis untuk para animator MAPPA yang menggarap serial tersebut. Menurutnya, para animator yang bekerja di balik layar mampu menghidupkan pertarungan Yuji dan Choso dari apa yang digambarkan di manga Jujutsu Kaisen.

"Terima kasih untuk episode 13 season dua," katanya. "(Episode 13) Ini adalah episode yang sangat kaya, penuh dengan animasi dan pencahayaan yang indah," ungkap Akutami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement