Kamis 30 Mar 2023 16:59 WIB

Anime Suzume No Tojimori Raih Pendapatan Tertinggi di Jepang

Di Indonesia, film tersebut sudah tayang sejak 8 Maret 2023.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Film Suzume no Tojimari karya Makoto Shinkai yang mulai tayang Rabu (8/3/2023).
Foto: Dok Encore Films Indonesia
Film Suzume no Tojimari karya Makoto Shinkai yang mulai tayang Rabu (8/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Film anime Suzume no Tojimori berhasil melampaui Weathering with You. Kedua film anime tersebut merupakan garapan sutradara kenamaan Jepang, Makoto Shinkai.

Berdasarkan data yang dikeluarkan pada 26 Maret 2023, Suzume berhasil meraih pendapatan tinggi di box office Jepang yakni 14.310.602.380 yen atau setara dengan 109 juta dolar AS, seperti yang dilansir dari Sportskeeda, Kamis (30/3/2023).

Jumlah tersebut melampaui Weathering with You yang meraih pendapatan sebesar 14,23 miliar Yen. Sementara, film anime Suzume sendiri saat ini masih tayang di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, film tersebut sudah tayang sejak 8 Maret 2023 di bioskop. Artinya, pendapatan film anime Suzume ini masih akan lebih tinggi lagi.

Dengan pendapatan tersebut, saat ini Suzume menempatkan posisi sebagai film berpenghasilan tertinggi ke-14 sepanjang masa di Jepang.

Selain itu, Suzume juga menjadi film anime berpenghasilan tertinggi kedelapan sepanjang masa di Jepang. Hal ini menyebabkan Weathering with You turun ke posisi kesembilan berdasarkan data per 26 Maret 2023.

Seperti diketahui, Suzume no Tojimori mulai ditayangkan di bioskop Jepang pada 11 November 2022. Di tiga hari pertama penayangan, Suzume berhasil menjual tiket 1,33 juta dengan meraih pendapatan saat itu sebesar 1,38 miliar yen (sekitar 13,5 juta dolar AS).

Suzume digarap oleh studio CoMix Wave Films dengan durasi 122 menit. Film anime ini menceritakan kisah tentang seorang gadis sekolah menengah atas bernama Suzume berusia 17 tahun yang tinggal bersama bibinya di Kyushu.

Suatu pagi dalam perjalanan menuju sekolahnya, Suzume bertemu dengan seorang lelaki muda bernama Souta. Lelaki tersebut mencari area reruntuhan yang disana terdapat sebuah pintu di kawasan tersebut.

Setelah memberi tahu Souta, secara diam-diam Suzume pergi ke reruntuhan itu. Ia menemukan sebuah pintu yang berdiri tegak, yang mana hal itu mengubah hidupnya dan petualangan Suzume dengan Souta pun dimulai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement