Rabu 14 Jun 2023 13:14 WIB

Upaya Petani Padi Sleman Hadapi Potensi Kekeringan

Pemerintah diharapkan bisa memfasilitasi peralatan-peralatan pendukung.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Petani menebar pupuk NPK di area persawahan Gamping , Sleman, DIY beberapa waktu lalu.
Foto:

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau kali ini akan disertai El Nino yang membuat kemarau kali ini panas dan kering. Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman telah mengimbau petani untuk melakukan percepatan tanam setelah panen raya padi pada sisa waktu musim penghujan

"Dengan harapan saat memasuki musim kemarau tanaman padi yang ditanam pada musim tanam ke II ini sudah tumbuh dengan baik," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono, beberapa waktu lalu. 

Suparmono mengatakan, upaya antisipasi kekeringan pada tahun ini melalui anggaran APBD akan dibagikan kepada petani berupa bantuan pompa air sebanyak 53 unit. Proses pengadaan sudah selesai dan siap dibagikan. 

Selain bantuan pompa air, bantuan pembangunan sumur dangkal dan sumur ladang juga sudah disiapkan. Melalui anggaran DAK tahun 2023 ini untuk tanaman pangan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan mengupayakan 2 unit sumur dangkal (kedalaman 30 m) dan 25 paket sumur ladang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement