Selasa 19 Mar 2024 19:43 WIB

Longsor di Rahtawu Kudus, Akses Jalan Desa Sempat Tertutup

Bencana longsor juga berdampak terhadap dua rumah warga.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Warga membersihkan material longsor.
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
(ILUSTRASI) Warga membersihkan material longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS — Bencana tanah longsor terjadi di wilayah Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024). Longsoran sempat menutup akses jalan desa, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Munaji, mengatakan, bencana longsor di Desa Rahtawu terjadi Selasa (19/3/2024) dini hari. Sebelum longsor dilaporkan turun hujan deras.

Baca Juga

Selain menutup jalan desa, longsoran juga dilaporkan menutup akses masuk ke rumah warga. Sementara satu rumah warga lainnya mengalami kerusakan pada tembok bagian depan.

Munaji mengatakan, material longsor langsung dibersihkan agar jalan desa kembali bisa dilintasi. Longsoran di sekitar rumah juga dibersihkan oleh personel gabungan dari BPBD, Polri, TNI, Destana Rahtawu, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dengan mengerahkan alat berat.

“Petugas juga sudah melakukan antisipasi longsor susulan dengan menutup lokasi longsor dengan plastik untuk menghindari air hujan masuk ke tanah karena bisa mengakibatkan longsor,” ujar Munaji.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement