Sabtu 08 Jul 2023 22:27 WIB

SMA Pradita Dirgantara Jadi Terbaik ke-3 Nasional Versi LTMPT

Dari 120 siswa yang mendaftar, 105 di antaranya dinyatakan lolos UTBK SNBT.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Senyum sumringah siswa SMA Pradita Dirgantara usai banyak yang lolos di seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi negeri (SNBT), Rabu (21/6/2023).
Foto: Dok Humas Pradita Dirgantara
Senyum sumringah siswa SMA Pradita Dirgantara usai banyak yang lolos di seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi negeri (SNBT), Rabu (21/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- SMA Pradita Dirgantara (PD) kembali berhasil menorehkan prestasi dengan menempati peringkat ke-3 Nasional menurut Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

Kepala Humas SMA PD Nanang Sari Atmanto mengungkapkan pada tahun 2023 sekolahnya berhasil meluluskan siswanya melalui UTBK SNBT mendekati 90 persen.

Baca Juga

"Di 2022, SMA PD ditetapkan sebagai sekolah SMA terbaik peringkat 3 nasional menurut LTMPT dan peringkat 1 se-Jawa Tengah," kata Nanang, Sabtu (8/7/2023).

"Terbaru, pada Juni 2023 lalu, 87,50 persen siswa kelas 12 SMA PD lolos jalur UTBK SNBT dan tersebar di 14 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia," katanya menambahkan. 

SMA Pradita Dirgantara menurut sendiri menurut LTMPT menempati posisi ketiga. Adapun peringkat 1 ditempati oleh MAN Insan Cendekia Serpong, Banten. Sedangkan tempat kedua ditempati oleh SMA Katolik St Louis 1, Jawa Timur. 

Sebelumnya, Nanang menjelaskan dari 120 siswa yang mendaftar, 105 di antaranya dinyatakan lolos UTBK SNBT. Mereka diterima di 14 perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. 

"Dari 15 siswa yang belum lolos SNBT, sebenarnya ada enam yang sudah memastikan diri diterima di perguruan tinggi luar negeri, International Undergradute Program (IUP), dan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Lalu, sembilan siswa lainnya masih akan berjuang melanjutkan peminatan ke jenjang berikutnya," katanya. 

Berikut daftar universitas dan siswa yang diterima pada seleksi tersebut: Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi kampus favorit tujuan siswa SMA PD dengan total 36 diterima. Selanjutnya Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 19 siswa. 

Selanjutnya ada Universitas Indonesia (UI) 13 siswa dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember 11 siswa, Universitas Brawijaya 7 siswa Universitas Diponegoro (Undip) enam siswa Institut Pertanian Bogor (IPB), lima siswa dan Universitas Sebelas Maret (UNS) dua siswa.

Nanang menjelaskan satu angkatan di kelas III SMA Pradita berjumlah 140 orang. Namun 25 siswa di antaranya telah diterima di universitas luar negeri. "Jadi meski sudah diterima di SNBT kemarin, ada juga yang diterima di perguruan tinggi luar negeri sejumlah 25 orang, jadi dobel-dobel. Ada juga yang peminatan TNI Polri juga mereka diterima di SNBT kemarin," katanya mengakhiri. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement